Selasa, 19 Januari 2016

RPP IPA SD TEMA LINGKUNGAN


                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMA “LINGKUNGAN”
KELAS III SEKOLAH DASAR
Dosen Pengampu : Arfilia, M,Pd


Oleh:
Ika Nur Utami
13120055




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                    : SD Negeri Krapyak
Tema                        : Lingkungan
Kelas / Semester      : III / I
Alokasi Waktu         : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Hari, Tanggal           :

I.         Standar Kompetensi
·         IPA
2.   Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kelestarian kesehatan lingkungan
·         Bahasa Indonesia
2.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran.
·         IPS
1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

II.      Kompetensi Dasar
·         IPA
2.2.Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
·         Bahasa Indonesia
2.1.     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
·         IPS
1.2.     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

III.   Indikator
·         IPA
2.2.1   Mengemukakan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
·         Bahasa Indonesia
2.1.1   Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar.
·         IPS
1.2.1   Menyebutkan cara memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IV.   Tujuan Pembelajaran
·         IPA
Melalui diskusi, siswa mampu mengemukakan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dengan tepat.
·         Bahasa Indonesia
Melalui gambar, siswa mampu bercerita tentang isi gambar.
·         IPS
Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan cara memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

V.      Karakter Siswa yang Diharapkan
·         Disiplin (Discipline)
·         Tekun (Diligence)
·         Tanggung jawab(Responsibility)
·         Berani (Courage)
·         Ketelitian (Carefulness)
·         Kerjasama (Cooperative)
·         Percaya diri (Confidence)
·         Perhatian (Careful)

VI.   Materi Pembelajaran
·         IPA
Kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
·         Bahasa Indonesia
Membaca intensif.
·         IPS
Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
  

VII.Metode Pembelajaran
Diskusi, ceramah, tanya jawab, lempar bola.

VIII.       Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (± 10 menit)
·         Salam
·         Pengkondisian kelas
·         Doa
·         Presensi
·         Siswa diminta untuk mempersiapkan alat tulis yang diperlukan dalam pembelajaran
·         Menyanyikan lagu “lihat kebunku”
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti (±45 menit)
v  Eksplorasi
·         Siswa mendengarkan pertanyaan dari guru
-          “Siapa yang merasa bertempat tinggal di lingkungan yang sehat?
-          Ciri-ciri lingkungan sehat itu bagaimana?
·         Siswa secara bersama-sama menjawab pertanyaan dari guru
·         Guru menampung semua jawaban siswa

v  Elaborasi
·         Siswa membaca secara intensif bacaan yang telah disediakan oleh guru dengan menggunakan strategi lempar bola
·         Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan
·         Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
·         Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan menjelaskan bagaimana cara memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·         Beberapa siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
·         Setelah siswa menyampaikan hasil diskusi, guru memberi kuis dan siswa berlomba-lomba untuk menjawab.


v  Konfirmasi
·         Siswa yang berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran diberikan reward.
·         Siswa yang belum jelas dipersilakan untuk bertanya.

C.    Kegiatan Penutup (±15 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Siswa mengerjakan soal evaluasi yang dibagikan oleh guru
·         Siswa diberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal latihan Bahasa Indonesia (Erlangga) halaman 52.
·         Siswa diberi penguatan dan motivasi untuk belajar di rumah
·         Salam

IX.   Sumber dan Media Pembelajaran
v  Sumber Pembelajaran
·         Buku Bahasa Indonesia Kelas III
·         Buku IPS Kelas III, BSE
·         Buku IPA Kelas III, BSE
·         Buku Sains Kelas III Erlangga halaman 59 – 67
v  Media Pembelajaran
·         Gambar cara memelihara lingkungan
·         Gambar pengaruh lingkungan terhadap kesehatan
·         Gambar rumah sehat.


X.      Penilaian
v  Teknik                       : tes dan non tes
v  Jenis tes                     : tes tertulis, tes perbuatan
v  Bentuk soal               : unjuk kerja, uraian
v  Instrumen                  : terlampir
v  Kriteria Penilaian       : kriteria penilaian sikap, unjuk kerja, evaluasi




Dosen Pembimbing


Arfilia, M.Pd
NIP.  
Semarang,                                
Praktikan


Ika Nur Utami
NPM. 13120055






FORMAT PENILAIAN SIKAP

Tema                     : Lingkungan
Kelas / Semester   : III / I
Petunjuk : Berilah skor 1 – 5 pada kolom perilaku yang sesuai dengan sikap siswa!
No
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor
Nilai
Kerjasama
Kesung-guhan
Keaktifan
Inisiatif
Bekerja Sistematis



























































































Skor Perilaku
5 = amat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = sangat kurang

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
Nilai
5
6 – 10
11 – 15
16 – 20
20 – 25
E
D
C
B
A




INSTRUMEN PENILAIAN PENGAMATAN UNJUK KERJA

Tema                     : Lingkungan
Kelas / Semester   : III / I
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skala Penilaian
1
2
3
1.
Mengemukakan Pendapat
1.      Tidak pernah mengemukakan pendapat
2.      Mengemukakan pendapat tapi kurang sesuai dengan tema
3.      Mengemukakan pendapat yang relevan dengan tema



2.
Mengajukan pertanyaan
1.      Tidak pernah bertanya
2.      Bertanya pada guru atau teman
3.      Lebih dari satu kali mengajukan pertanyaan



3.
Kerjasama
1.      Tidak melibatkan diri dalam kelompok
2.      Partisipasi dalam kelompok cukup
3.      Partisipasi dalam kelompok tinggi



4.
Menghargai pendapat teman
1.      Menyanggah tanpa alasan jelas
2.      Mendengarkan pendapat teman
3.      Menanggapi pendapat teman dengan baik dan benar




Skor Maksimum          : 12
Skor Minimum            : 4





LEMBAR KERJA SISWA

Tema                     : Lingkungan
Kelas / Semester   : III / I

Diskusikan bersama teman sekelompok!
Amati gambar berikut:
Deskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan!
                                                               Lingkungan Asri





......................................................................................................................................
......................................................................................................................................                                              ....................................................................................................................................                     


KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA SISWA

Kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan adalah lingkungan yang udaranya bersih, tanahnya subur, sumber airnya bersih, air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih, sampah tidak berserakan, banyak tumbuhan hijau yang tumbuh  dengan subur. Kita mempunyai kewajiban untuk mewujudkan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat akan membuat kesehatan kita terjaga dan betah menghuninya.


KRITERIA PENILAIAN

Jawaban sesuai                         skor 3
Jawaban cukup sesuai               skor 2
Jawaban kurang sesuai             skor 1
Skor Maksimal 3           






LEMBAR EVALUASI

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.      Ciri-ciri lingkungan sehat adalah ….
2.      Asap kendaraan bermotor menimbulkan pencemaran ….
3.      Air tercemar yang digunakan untuk mandi dapat mengakibatkan penyakit….
4.      Pohon yang rindang melindungi kita dari panasnya ….
5.      Kebersihan adalah pangkal ….


KUNCI JAWABAN

1.      Bersih
2.      Udara
3.      Kulit
4.      Sinar matahari
5.      Kesehatan


Keterangan :
Jawaban benar skor 2
Skor maksimal = 10






GAMBAR MEMELIHARA LINGKUNGAN







PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN
TERHADAP KESEHATAN











GAMBAR RUMAH SEHAT






 MATERI

·         Pengaruh Kondisi Lingkungan terhadap Kesehatan
Lingkungan yang sehat akan mempengaruhi kesehatanmu. Berikut ini contoh lingkungan yang tidak sehat.
1.      Asap yang bertebaran di mana-mana akan membuat napas menjadi sesak dan fungsi paru-paru akan terganggu karena banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh
2.      Air yang kotor akan membuat tubuhmu gatal. Air yang kotor mengandung bakteri-bakteri yang dapat membuat tubuhmu terkena penyakit. Kamu dapat terserang diare.
3.      Tanah yang tercemar akibat buangan oli bekas dan bahan bakar aka merugikan. Karena tanah sudah tidak subur lagi, tidak dapat digunakan untuk bercocok tanam. Akibatnya, produksi pangan akan mengalami hambatan yang berpengaruh terhadap jumlah makanan yang dibutuhkan.
                                                                                    
·         Pemeliharaan Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah
     Lingkungan alam bermanfaat. Lingkungan buatan juga demikian. Oleh karena itu, harus dipelihara dengan baik dan benar. Bagaimana cara memelihara? Banyak cara memelihara lingkungan alam dan buatan. Hutan bermanfaat bagi manusia. Oleh karena itu harus dipelihara. Cara memelihara dengan melestarikannya. Jalan raya adalah lingkungan buatan. Jalan dibangun untuk manusia. Supaya hubungan sesama manusia lancar. Bayangkan apabila jalan rusak. Kewajiban kita adalah merawatnya. Rumah adalah kebutuhan pokok. Lingkungan rumah harus dipelihara. Lingkungan alam maupun buatan. Anggota keluarga bahu membahu. Memelihara dan menjaganya. Bagaimana caranya?

·         Cara Memelihara Lingkungan di Sekitar Rumah
Kalian tentu masih ingat. Sebelumya telah dijelaskan cara memeliharanya. Hal itu wajib dilakukan, karena kita menikmati manfaatnya. Sekarang banyak peristiwa. Musibah bencana alam. Tanah longsor dan banjir. Menyebarnya wabah penyakit. Akibat ulah manusia. Hutan-hutan ditebang. Manusia menanggung akibatnya. Saatnya kita berpikir. Pengalaman menjadi pelajaran. Mari kita pelihara lingkungan. Lingkungan sekitar rumah. Lingkungan sekitar sekolah. Lingkungan di masyarakat. Banyak cara dilakukan.





Lihatlah keluarga mereka. Mereka sedang kerja bakti. Mereka membersihkan sekitar rumah. Ada yang menyapu. Mengepel dan membersihkan kaca. Membersihkan saluran air. Sampah-sampah diangkut. Dibuang ke tong sampah. Kolam ikan dikuras. Airnya dibersihkan. Mereka bekerja dengan giat. Tidak ada yang berpangku  tangan.






Lingkungan sudah indah. Halaman jadi bersih. Saluran air lancar.Tidak ada sampah. Hati mereka senang.









1 komentar:

  1. MAKASIH LO MB...MAKASIH BANGET DAPAT HUBUNGI SAYA 085741327571...KALAU MAU UMROH DAN HAJI, DAN MAU JADI MUDA MILYUNER

    BalasHapus